Astuti, Ni Komang Gina (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA KELAS VI SD PADA TEMA KEPEMIMPINAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031217-COVER.pdf Download (788kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031217-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031217-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031217-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031217-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031217-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031217-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031217-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031217-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar kelas VI pada tema Kepemimpinan yang berupa soal tes berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap mendefenisikan, tahap merancang, tahap mengembangkan dan tahap menyebarluaskan. Keempat tahap model ini dijadikan pedoman dalam memvalidasi instrumen yang dikembangkan. Validasi instrumen penilaian dilakukan oleh dua ahli isi dan 75 siswa pada uji coba lapangan. Data dikumpulkan menggunakan metode tes. Instrumen tes yang digunakan ialah berupa tes objektif untuk menilai hasil belajar siswa Hasil penelitian ini yaitu uji validitas isi sebesar 1.00 termasuk kategori sangat tinggi, uji validitas butir dihasilkan 27 butir tes valid, uji reliabilitas tes sebesar 0,72 termasuk kriteria tinggi, analisis daya beda soal diperoleh 14,8 % soal dengan kriteria kurang baik, 55,5 % dinyatakan cukup baik, 14,8 % terdapat dengan kriteria baik, dan 14,8% dinyatakan sangat baik, analisis tingkat kesukaran diperoleh hasil terdapat 9 soal dengan kategori mudah dan 12 soal dengan kategori sedang kemudian 6 soal dengan kategori sukar, hasil analisis kualitas pengecoh diperoleh hasil terdapat 85 pengecoh kriteria baik dan 5 pengecoh kriteria kurang baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel, serta layak digunakan sebagai instrumen penilaian dalam pembelajaran di kelas VI, khususnya pada tema kepemimpinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, tema kepemimpinan, HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Gina Astuti |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 18:27 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 18:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7396 |
Actions (login required)
View Item |