EXPLORING STUDENTS AND TEACHERS’ ANXIETY IN INSTRUCTION ENGLISH DURING THE EMERGENCY REMOTE TEACHING IN SENIOR HIGH SCHOOL IN GIANYAR

Bidari, Ni Putu Intan (2021) EXPLORING STUDENTS AND TEACHERS’ ANXIETY IN INSTRUCTION ENGLISH DURING THE EMERGENCY REMOTE TEACHING IN SENIOR HIGH SCHOOL IN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021182-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021182-ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021182-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021182-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021182-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021182-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021182-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021182-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021182-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat kecemasan siswa dan guru selama belajar dan mengajar Bahasa Inggris dengan sistem pembelajaran emergency remote teaching (ERT) dan cara mereka mengatasi kecemasannya. Penelitian dengan metode campuran ini menggunakan kuesioner dan panduan wawancara untuk mengumpulkan data. Terdapat 199 siswa dan 3 guru Bahasa Inggris yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil kuesioner menunjukkan kecemasan siswa berada di tingkat sedang (3.04) dan kecemasan guru berada pada tingkat rendah (2.2). Hasil panduan wawancara menunjukkan bahwa siswa memiliki permasalahan selama belajar Bahasa Inggris selama pandemi. Siswa merasa takut dan khawatir ketika guru mengadakan pertemuan virtual dan menjelaskan materi menggunakan Bahasa Inggris. Siswa mengatasi rasa cemas mereka dengan membaca materi pelajaran sebelum mengikuti kelas virtual dan meminta teman mereka untuk menjelaskan hal yang tidak dipahami. Guru-guru tidak merasa cemas dalam mengajar Bahasa Inggris terkait dengan komponen kecemasan bahasa asing. Dapat disimpulkan bahwa para siswa tidak takut belajar Bahasa Inggris selama pandemi, namun mereka juga tidak terlalu menikmatinya. Sementara, para guru senang mengajar dengan sistem pembelajaran yang baru. Para siswa sebaiknya berkomunikasi tentang permasalahan yang mereka hadapi dalam belajar. Para guru sebaiknya memperhatikan kecemasan siswa dalam belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi yang lebih mendalam tentang kecemasan siswa dan guru dalam pengajaran Bahasa Inggris dengan sistem emergency remote teaching.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Bahasa Inggris, ERT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: NI PUTU INTAN BIDARI
Date Deposited: 25 Jul 2021 14:33
Last Modified: 25 Jul 2021 14:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7473

Actions (login required)

View Item View Item