Anggreni, Ni Luh (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Muatan Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031108-COVER.pdf Download (465kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031108-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711031108-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711031108-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711031108-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031108-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1711031108-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031108-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031108-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif berorientasi model Problem based learning pada muatan IPA, dan (2) untuk mengetahui validitas multimedia interaktif berorientasi model Problem based learning pada muatan IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4 D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek dalam penelitian ini meliputi adalah 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode pencatatan dokumen berupa angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Proses pengembangan multimedia interaktif berorientasi model Problem based learning (PBL) pada muatan IPA dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan model 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu: Define, Design, Develop dan Disseminate. (2) Validitas multimedia interaktif berorientasi model Problem based learning (PBL) pada muatan IPA ditentukan dari hasil uji ahli dan uji coba produk melalui: (1) uji ahli materi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori sangat baik, (2) uji ahli desain pembelajaran diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik, (3) uji ahli media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik, (4) hasil uji perorangan diperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik, dan (5) hasil uji kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berorientasi model Problem based learning pada muatan IPA berada pada kategori sangat baik sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini, diharapkan dapat memberikan informasi dan menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang mengembangkan produk sejenis pada muatan pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, problem based learning, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Anggreni |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 19:34 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 19:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7497 |
Actions (login required)
View Item |