Pengembangan Bahan Ajar Elektronik pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan yang Berorientasi Lingkungan

Brahmantara, Putu Amivtha (2021) Pengembangan Bahan Ajar Elektronik pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan yang Berorientasi Lingkungan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071035-COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071035-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071035-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071035-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071035-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071035-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071035-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071035-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik dan menganalisis validitas bahan ajar elektronik pada materi energi dalam sistem kehidupan yang berorientasi lingkungan. Riset semacam ini merupakan karya tulis ilmiah dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini meliputi survei/jajak pendapat penilaian oleh tenaga pendidik IPA se-Kota Denpasar, lembar analisis dokumen, dan lembar validasi produk pengembangan. Karakteristik bahan ajar yang dibuat antara lain 1) bahan ajar berupa buku elektronik dalam bentuk (PDF), 2) adanya apersepsi diawal materi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang diidentikkan dengan kehidupan sehari-hari yang teratur untuk membangun ketertarikan siswa dalam pembelajaran, dan 3) adanya informasi tambahan tentang isu-isu lingkungan bertujuan agar peserta didik mampu memiliki sikap sadar terhadap lingkungan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Hasil validasi oleh validator menghasilkan skor rata-rata dari segi isi/materi 3,86, segi media dan bahasa 3,07. Nilai normal menunjukkan bahwa bahan ajar yang dibuat memenuhi kriteria valid. Mengingat hasil dari validasi bahan ajar elektronik pada materi energi dalam sistern kehidupan yang berorientasi pada lingkungan maka bahan ajar ini valid digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran namun produk perlu diteliti lebih lanjut sehingga dapat digunakan pada pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model ADDIE, bahan ajar elektronik, berorientasi lingkungan.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: PUTU AMIVTHA BRAHMANTARA
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:29
Last Modified: 27 Jul 2021 04:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7531

Actions (login required)

View Item View Item