Wijaya, Kadek Praditya Dicky (2021) AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF THINK-PAIR-SHARE STRATEGY ON GOOGLE CLASSROOM IN TEACHING READING AT SMKN 1 KUTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929081037-COVER.pdf Download (313kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929081037-ABSTRAK.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929081037-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi TPS pada Google Classroom dalam pembelajaran membaca di SMKN 1 Kuta Selatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik purposive sampling diterapkan untuk memilih subjek penelitian. Mereka adalah 3 guru bahasa Inggris dan 117 siswa di SMKN 1 Kuta Selatan. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi TPS di Google Classroom berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Guru membuat banyak forum di Google Classroom dalam menerapkan strategi TPS, yaitu: memposting teks yang harus dibaca siswa, memberikan beberapa pertanyaan terkait teks, meminta siswa bekerja berpasangan untuk mendiskusikan pertanyaan, dan mengumpulkan hasil diskusi mereka. Respon positif muncul pada persepsi guru tentang penggunaan strategi TPS di Google Classroom. Guru selalu memberikan waktu berpikir kepada siswa, mengajak mereka berdiskusi dengan pasangannya dan meminta mereka untuk menyampaikan hasil diskusi. Persepsi siswa juga menunjukkan hasil yang baik. Mereka aktif dalam kegiatan pembelajaran membaca seperti berdiskusi dan mengumpulkan tugas di Google Classroom. Namun, beberapa dari mereka memiliki masalah dengan koneksi internet. Oleh karena itu, mereka lebih memilih kelas membaca dalam pembelajaran tatap muka. Alasan guru menggunakan strategi TPS di Google Classroom adalah untuk membantu siswa menggunakan kemampuan berpikirnya, meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk membaca sebuah teks dan membantu siswa untuk bertukar pendapat atau ide.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | google classroom, membaca, strategi Think Pair Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | KADEK PRADITYA DICKY WIJAYA |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 01:14 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7612 |
Actions (login required)
View Item |