Criesthyanie, Luh Putu Mega (2021) PENGEMBANGAN FLIPBOOK DIGITAL PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011013-COVER.pdf Download (651kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011013-ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (410kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011013-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa flipbook digital berbasis etnomatematika sarana upakara Hindu di Bali. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik flipbook digital berbasis etnomatematika. Bahan ajar yang dikembangkan berupa flipbook digital siswa dan flipbook digital petunjuk guru untuk meningkatkan pemahaman konsep segiempat dan segitiga siswa. Jenis penelitian berupa penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bangli tahun ajaran 2020/2021. Kelas VII G sebagai kelas uji coba terbatas. Kelas VII I sebagai kelas uji coba lapangan 1 dan sebagai kelas uji coba lapangan 2 kelas VII H. Teknik yang pengumpulan data pada penelitian yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas bahan ajar digunakan lembar validasi, mengukur kepraktisan bahan ajar digunakan lembar keterlaksanaan, angket respon guru dan siswa serta untuk mengukur keefektifan bahan ajar digunakan tes pemahaman konsep matematika.Hasil penelitian berupa digital flipbook berbasis etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif. Karakteristik pembelajaran yang diperoleh dari penelitian adalah pembelajaran penemuan dengan berbantuan budaya sekitar. Karakteristik yang diperoleh yaitu: (1) Menekankan pembelajaran pada penemuan konsep segiempat dan segitiga oleh aktivitas yang dilakukan siswa. (2) Memuat permasalahan yang dekat dengan siswa yaitu menggunakan sarana upakara masyarakat Hindu (3) Memuat nilai-nilai budaya Bali yaitu mengenal nama dan jenis sarana upakara Bali.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook digital, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematika, Sarana Upakara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Luh Putu Mega Criesthyanie |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 04:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7642 |
Actions (login required)
View Item |