Febrianto, I Putu Novri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KELAS XI MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MATERI “SISTEM SIRKULASI PADA MANUSIA DAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN” DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1415051003-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1415051003-ABSTRAK.pdf Download (410kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1415051003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (540kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1415051003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (984kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1415051003-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1415051003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1415051003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1415051003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1415051003-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Belajar dan media pembelajaran memiliki kaitan yang sangat erat, proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran yang digunakan di SMA N 2 Singaraja masih menggunakan metode ceramah dan teknik pembelajaran yang disampaikan oleh guru monoton, sehingga menyebabkan siswa cenderung bosan dan bersikap pasif pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan media ini adalah (1) untuk menghasilkan Media Pembelajaran Interaktif“Sistem Sirkulasi pada Manusia & Sistem Pencernaan Makanan”. Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap Media Pembelajaran Interaktif“Sistem Sirkulasi pada Manusia & Sistem Pencernaan Makanan”. Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran biologi sistem sirkulasi pada manusia dan sistem pencernaan makanan menggunakan model MDLC. Yang terdiri dari enam tahap yaitu Pengonsepan (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Distribusi (Distribution). Media pembelajaran yang tepat harus menjadi kunci utama agar siswamampu melakukan pembelajaran dengan semangat dan media pembelajaran ini akan dikombinasikan dengan konsep gamifikasi yang di akhir pembelajaran terdapat permainan kecil yang akan merefleksi pikiran siswa dengan cara bermain akan tetapi tidak sedikitpun mengurangi pembahasan dengan materi yang diawal dijelaskan. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Gamifikasi, MDLC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, Gamifikasi, MDLC |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Putu Novri Febrianto |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 04:56 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 04:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7731 |
Actions (login required)
View Item |