Budiartha, Putu Wahyu Dalem Wiratama (2021) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN ETANOL PADA BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP TORSI, DAYA DAN EMISI GAS BUANG PADA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715071015-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715071015-ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715071015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715071015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715071015-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performansi kendaraan berupa torsi, daya, dan emisi gas buang menggunakan bahan bakar pertalite dengan variasi campuran etanol 16%, variasi etanol 19% dan dibandingan dengan pertalite murni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Pengambilan data meggunakan alat Dynotest dengan lima kali pengulangan. Pengujian dilakukan pada setiap putaran mesin dari 3000 sampai 8000 rpm, sedangkan pada emisi gas buang menggunakan alat pengujian gas analyzer dengan sepuluh kali pengulangan pengujian pada rpm konstan yaitu 4000 rpm. Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui terdapat peningkatan torsi dan daya, dimana torsi tertinggi yang dihasilkan pada variasi etanol 16% sebesar 10,61 N.m pada putaran mesin 4000 rpm. Hasil pengujian daya tertinggi pada variasi etanol 19% sebesar 6,50 HP pada putaran mesin 6000 rpm. hasil pengujian emisi gas buang terdapat penurunan gas buang HC, CO, dan CO2, dimana emisi HC terdapat penurunan terbesar pada variasi etanol 19% yaitu 33,6 ppm vol. Emisi CO terdapat penurunan terbesar pada variasi etanol 19% yaitu 0,941 % vol. Sedangkan pada emisi CO2 terdapat penurunan terbesar pada variasi etanol 16% yaitu 4,64 % vol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etanol, Torsi, Daya, dan Emisi Gas Buang |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Putu Wahyu Dalem Wiratama Budiartha |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 23:37 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 23:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7778 |
Actions (login required)
View Item |