Parwati, Ni Putu Ayu (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA HIJAU SMA KELAS XII SEMESTER II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1823071009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1823071009-ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1823071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (496kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1823071009-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Buku ajar merupakan salah satu sumber belajar yang digunakan oleh siswa di sekolah. Buku ajar kimia dapat menjadi pemandu siswa untuk memahami materi kimia secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar kimia hijau yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket pendapat guru kimia, lembar validasi, lembar analisis dokumen, lembar keterbacaan, lembar kepraktisan, tes hasil belajar. Karakteristik buku ajar yang dikembangkan meliputi 1) adanya integrasi prinsip-prinsip kimia hijau; 2) info kimia yang berisi bahaya, pencegahan, penanganan, serta penggantian bahan kimia berbahaya; 3) kegiatan praktikum diracang menggunakan alat yang sederhana danbahan yang aman; 4) praktikum dirancang menggunakan bahan kimia dalam skala kecil (semimikro) untuk praktikum yang bahan kimianya tidak dapat digantikan dengan bahan yang lebih aman. Data hasil penelitian ini meliputi data analisis kebutuhan, data hasil studi literatur, data hasil perencanaan produk, data hasil kevalidan, data hasil uji keterbacaan, kepraktisan dan keefektifan buku ajar.Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data analisis kebutuhan, kevalidan, keterbacaan, dan kepraktisan, sedangkan uji keefektifan buku ajar menggunakan teknik analisis uji proporsi satu sampel dan gain skor ternormalisasi. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) buku ajar yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid; (2) hasil uji keterbacaan buku ajar tergolong kategori terbaca; (3) hasil uji kepraktisan buku ajar tergolong kategori praktis; (4) hasil uji keefektifan buku ajar tergolong kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku ajar, hasil belajar, kimia hijau |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Parwati |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 02:38 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 02:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7858 |
Actions (login required)
View Item |