INVESTIGATING PLAGIARISM TYPES IN UNDERGRADUATE ENGLISH LANGUAGE THESES

Diyardita Dipa, I Gede (2019) INVESTIGATING PLAGIARISM TYPES IN UNDERGRADUATE ENGLISH LANGUAGE THESES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1412021206-COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1412021206-ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412021206-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (605kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412021206-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412021206-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412021206-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1412021206-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412021206-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1412021206-LAMPIRAN.pdf

Download (864kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe plagiarisme yang ditemukan di skripsi agar mahasiswa dapat memahami bentuk plagiarisme yang ada dalam menulis skripsi. Model penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mengaplikasikan studi kasus dengan pendekatan penjelasan. Sepuluh skripsi yang diublikasi dari tahun 2014 sampai 2017 dipilih sebagai data utama yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data tersebut merupakan bagian Landasan Teori dari skripsi yang diambil di salah satu universitas negeri di Bali Utara. Tipe-tipe plagiarisme yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Indonesia melalui peraturan nomor 17 tahun 2010 dan teori mengenai tipe-tipe plagiarisme dari Weber-Wulff (2010) digunakan sebagai indikator untuk mengidentifikasi tipe-tipe plagiarisme di sampel yang dipakai. Small SEO Tools adalah alat bantu yang digunakan peneliti untuk mengidentifikasi plagiarisme. Dari hasil investigasi, tujuh sampel ditemukan konten-konten yang diplagiat, dimana Plagiarisme Tipe 1 yang berarti “mengutip informasi secara keseluruhan tanpa memberi sumber yang jelas” teridentifikasi 93 persen dan Tipe Plagiarisme 2 yang berarti “menggunakan informasi secara acak dari berbagai sumber tanpa memberi kutipan sumber yang jelas” ditemukan 7 persen. Plagiarisme Tipe 3 yang berarti “menggunakan sumber gagasan, pendapat, pandangan atau teori tanpa menyatakan sumber secara jelas” dan Plagiarisme Tipe 4 yang berarti “merumuskan sendiri informasi dengan kata-kata sendiri dari suatu sumber tanpa memberi kutipan sumber yang jelas” tidak teridentifikasi dalam penelitian ini. Temuan-temuan ini mengindikasikan bahwa plagiarisme masih menjadi masalah besar dari mahasiswa dalam menulis skripsi. Mahasiswa disarankan untuk membekali diri dengan alat-alat penunjang dalam menulis dan beberapa alat pendeteksi plagiarisme agar dapat menghindari plagiarisme. Untuk penelitian berikutnya disarankan menggunakan sampel skripsi yang lebih banyak dan melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui alasan yang mempengaruhi plagiarisme oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: plagiarisme, skripsi, tipe-tipe plagiarisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gede Diyardita Dipa
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:31
Last Modified: 25 Oct 2019 07:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item