Yudiawan, Kadek Edi (2021) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung di SMK Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051104-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051104-ABSTRAK.pdf Download (566kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051104-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051104-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (556kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051104-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran sebagai perantara konten (materi) untuk membantu proses pembelajaran belum di manfaatkan, siswa mengerjakan project gambar kerja hanya dengan bantuan modul sebagai dasar menggambar. Hal ini menyebabkan siswa mudah menjadi bosan saat mengikuti pembelajaran, karena materi bersifat abstrak sehingga sulit dipahami. Siswa cenderung kebingungan dalam membaca atau mengartikan gambar dan mengalami masalah ketika memadukan perintah serta memproyeksikan gambar agar sesuai dengan konsep konstruksi bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan dan mengimplementasikan produk konten pembelajaran interaktif berbasis project-based learning pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung, (2) Mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap konten pembelajaran interaktif berbasis project-based learning pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D). Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian dan pengembangan ini melalui tahap pengujian untuk mengetahui kelayakan dari aspek materi dan aspek media. Hasil penilaian kelayakan dari aspek materi sebesar 1.00 dan aspek media sebesar 1.00 dengan kategori validitas sangat tinggi. Rata-rata respon siswa untuk uji perorangan sebesar 84.375%, uji kelompok kecil sebesar 89.45%, dan uji lapangan sebesar 80.88% dengan kategori baik. Hasil rata-rata respon guru mendapatkan persentase sebesar 83.33% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat di simpulkan konten pembelajaran interaktif ini berhasil dan mendapat respon yang sangat baik dari guru maupun siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Kadek Edi Yudiawan |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 04:54 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 04:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7930 |
Actions (login required)
View Item |