Supriadi, Gede (2021) KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1929091019-COVER)
1929091019-Cover.pdf Download (476kB) |
|
Text (1929091019-ABSTRAK)
1929091019-Abstrak.pdf Download (237kB) |
|
Text (1929091019-BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091019-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (144kB) |
|
Text (1929091019-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091019-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (1929091019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091019-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (1929091019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091019-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (1929091019-BAB 5 PENUTUP)
1929091019-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (1929091019-DAFTAR PUSTAKA)
1929091019-Daftar Pustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text (1929091019-LAMPIRAN)
1929091019-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, dan sarana prasarana sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021 secara terpisah maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan “ex-post facto”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII yang berjumlah 384 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 191 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, sarana dan prasarana, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar IPS. Untuk mengumpulkan data kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, sarana dan prasarana dikumpulkan dengan metode kuesioner. Sedangkan data prestasi belajar IPS siswa dikumpulkan dengan metode studi dokumen. Untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini digunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 52,1%, 2) motivasi berprestasi siswa berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 52,8%, 3) sarana prasarana sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 39,5%, dan 4) secara simultan, kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi siswa, dan sarana prasarana sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 60,9%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Berprestasi, Sarana Prasarana Sekolah, Prestasi Belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Gede Supriadi |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 14:14 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 14:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8080 |
Actions (login required)
View Item |