KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Supriadi, Gede (2021) KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1929091019-COVER)
1929091019-Cover.pdf

Download (476kB)
[img] Text (1929091019-ABSTRAK)
1929091019-Abstrak.pdf

Download (237kB)
[img] Text (1929091019-BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091019-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (144kB)
[img] Text (1929091019-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091019-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (1929091019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091019-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (1929091019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091019-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (1929091019-BAB 5 PENUTUP)
1929091019-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (1929091019-DAFTAR PUSTAKA)
1929091019-Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text (1929091019-LAMPIRAN)
1929091019-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, dan sarana prasarana sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2020/2021 secara terpisah maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan “ex-post facto”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII yang berjumlah 384 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 191 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, sarana dan prasarana, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar IPS. Untuk mengumpulkan data kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi, sarana dan prasarana dikumpulkan dengan metode kuesioner. Sedangkan data prestasi belajar IPS siswa dikumpulkan dengan metode studi dokumen. Untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini digunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 52,1%, 2) motivasi berprestasi siswa berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 52,8%, 3) sarana prasarana sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 39,5%, dan 4) secara simultan, kompetensi pedagogik guru, motivasi berprestasi siswa, dan sarana prasarana sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa dengan kontribusi sebesar 60,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Berprestasi, Sarana Prasarana Sekolah, Prestasi Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Gede Supriadi
Date Deposited: 27 Jul 2021 14:14
Last Modified: 27 Jul 2021 14:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8080

Actions (login required)

View Item View Item