Pratiwi, Made Tantri (2021) CHARACTER-BASED ENGLISH EDUTAINMENT LEARNING USING POWTOON MEDIA FOR FOURTH GRADE STUDENTS IN SD NEGERI 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021248-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021248-ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021248-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021248-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1612021248-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021248-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021248-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021248-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021248-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tren terbaru dalam pembelajaran bahasa inggris bagi siswa sekolah dasar adalah diterapkannya Edutainment dalam pembelajaran. Edutainment dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, kreatif, inovatif, dan bermakna. Salah satu media edutainment adalah PowToon berbasis karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bahasa inggris antara siswa yang dibelajarkan dengan media PowTon dan siswa yang dibelajarkan tanpa media Powtoon. Penilitian ini merupakan jenis penelitian campuran dengan rancangan post-test only. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 3 Banjar Jawa berjumlah 90 orang yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dengan merandom kelas sehingga diperoleh kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan 4B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi treatment dengan media PowToon dan kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan media Powtoon. Data yang diperlukan terdiri dari data hasil belajar dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes tulis dan lisan, sedangkan data tanggapan siswa dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS v25.0. Uji U Mann-Whitney untuk sampel independen menunjukkan perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa inggris siswa antara kelas eksperimen dan kelas control {Sig. (U) lebih kecil dari .05}. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control (Mexp= 89.23; Mcon = 79.10). Respon siswa terhadap penerapan media PowToon dalam pembelajaran adalah positif. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan PowToon dalam pembelajaran bahasa Inggris secara positif memengaruhi pemahaman bahasa inggris siswa. Karakter yang ditunjukan siswa kelas eksperimen selama mengikuti pembelajaran adalah nasionalis, religius, jujur, rajin, disiplin, tekun, mandiri, bertanggung jawab, dan berempati. Implikasi dari penelitian ini, guru bahasa Inggris di sekolah dasar dapat menerapkan pembelajaran edutainment untuk meningkatkan pemahaman, dan aktifitas siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edutainment, PowToon, Pembelajaran Bahasa Inggris, English language teaching and learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Made Tantri Pratiwi |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 04:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 04:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8141 |
Actions (login required)
View Item |