Okayanti, Ida Ayu Windhari (2021) Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Digital Berformat Four Tier Test. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021039-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021039-ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021039-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen asesmen HOTS digital berformat four tier test. Produk disusun berdasarkan materi kelas XI MIA semester genap tahun ajaran 2020/2021 kurukulum K13. Produk terdiri dari 30 soal berdasarkan dimensi kognitif, indikator keterampilan berpikir kritis, dan berpikir kreatif. Produk dikembangkan dengan desain penelitian 4D dari Thiagarajan. Subjek penelitian pengembangan terdiri dari 6 orang ahli, 206 siswa kelas XI MIA di SMA N 2 Semarapura, dan 11 orang guru fisika. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, tes, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) produk dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli asesmen dengan skor rata-rata 53,3 dari skor interval 44,2 <X≤ 54,6 , ahli materi fisika dengan skor rata-rata 38,3 dari skor interval 37,8 <X≤ 45,0, serta ahli Bahasa Indonesia dengan skor rata-rata 26,9 dari skor interval 25,2 <X≤ 30,0, 2) produk memiliki validitas butir yang baik dengan nilai r_hitung pada rentang 0,364-0,667 dengan r_tabel (200, sig 5%) yaitu 0,138; 3) IKB berkategori sedang dengan interval 0,440-0,663; 4) IDB butir berkategori cukup hingga baik dengan interval 0,212- 0,500; 5) produk dinyatakan reliable dengan r_hitung sebesar 0,908 dengan r_tabel (200, sig 5%) yaitu 0,138; 6) siswa dan guru memberikan respon positif terhadap produk hasil pengembangan dengan nilai rata-rata 3,764 dari skor interval 3,400 <X≤ 4,200 dari siswa dan nilai rata-rata 4,529 dari skor interval 4,200 <X≤ 5,00 dari guru. Produk yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas, IKB, IDB, dan reliabilitas sehingga layak digunakan mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen asesmen, four-tier test, keterampilan berpikir tingkat tinggi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | IDA AYU WINDHARI OKAYANTI |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 16:28 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 16:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8211 |
Actions (login required)
View Item |