Utama, I Putu Dhiva Suaryasa Manggala (2021) TEACHERS’ PREPARATION OF LESSON PLANS FOR WRITING THROUGH ONLINE LEARNING DURING THE PANDEMIC IN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021204-COVER.pdf Download (405kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021204-ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021204-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021204-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1712021204-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021204-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021204-BAB 5 PENEUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021204-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021204-LAMPIRAN.pdf Download (811kB) |
Abstract
Penelitian ini menggambarkan proses dan masalah dalam penyusunan RPP untuk menulis melalui Google Classroom. Selain itu juga mempelajari permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa EFL dalam menulis melalui Google Classroom selama situasi pandemi. Desain yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Singaraja. Objek penelitian yang diteliti: 1) proses penulisan RPP melalui Google Classroom, 2) permasalahan guru dalam menulis RPP melalui Google Classroom, dan 3) permasalahan yang dihadapi siswa dalam menulis RPP melalui Google Classroom di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, angket terbuka, dan angket tertutup. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Temuan penelitian adalah guru bahasa Inggris mengikuti lima langkah umum, yaitu: 1) menyatakan tujuan pembelajaran dan menghubungkannya dengan kompetensi inti dan dasar, 2) mengorganisasikan dan menyusun materi pembelajaran dan menghubungkannya dengan tujuan pembelajaran, 3) merancang pembelajaran. kegiatan pembelajaran berdasarkan metode dan teknik pembelajaran, 4) pemilihan media dan sumber pembelajaran yang sesuai dengan platform pembelajaran Google Classroom, dan 5) merencanakan jenis dan teknik penilaian pembelajaran yang sesuai untuk penilaian autentik melalui Google form. Dalam penyusunan RPP menulis melalui Google Classroom, guru bahasa Inggris menemukan masalah, seperti 1) menyatakan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan kompetensi inti dan dasar, dan 2) memilih jenis dan teknik penilaian pembelajaran yang cocok untuk penilaian otentik melalui formulir Google. Sedangkan, siswa mengalami kesulitan dalam menulis, seperti 1) mengembangkan kalimat topik menjadi paragraf yang padu, 2) menyusun kalimat pendukung secara sistematis dan logis, dan 3) menyusun kalimat gramatikal. Temuan penelitian ini menyiratkan kepada siswa dan guru untuk meningkatkan perencanaan pembelajaran dan implementasinya melalui platform pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RPP, penulisan, masalah, Google Classroom. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Putu Dhiva Suaryasa Manggala Utama |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 01:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 01:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8284 |
Actions (login required)
View Item |