PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA

Oktavia, Ni Putu Bella (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1711011007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011007-ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji keberterimaan dan keefektipan konseling Cognitive Behavior dengan teknik restrukturisasi kognitif berbasis website dalam meningkatkan self efficacy siswa. Studi ini dilakukan berdasarkan prosedur pengembangan model 4D oleh Thiagarajan. Subyek penelitian terdiri dari 3 orang praktisi dan ahli yang menilai sistem konseling secara teoretis, juga melibatkan 30 orang siswa sebagai responden uji coba terbatas keefektifan sistem konseling. Data tentang keberterimaan, kemudahan akses, dan kebermanfaatan sistem dan modul konseling diperoleh melalui skala AAF, dan data efficacy diperoleh melalui skala efikasi. Analisis data terkait keberterimaan sistem konseling atau validitas teoretis berdasarkan penilaian praktisi dan ahli dilakukan menggunakan perhitungan content validity ratio. Analisis stastitik uji t-test untuk menguji efektifitas sistem konseling setelah uji coba terbatas. Tanggapan siswa peserta uji coba terhadap keberterimaan, kemudahan akses dan kebermanfaatan konseling ognitive behavior dengan teknik restrukturisasi kognitif berbasis website Schoology dideskripsikan dan dilakukan analisis presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dan panduan konseling cognitive behavior memiliki indeks validitas isi atau CVI sebesar 0,95 yang berarti sangat baik. Uji efektifitas melalui uji emperik terbatas menunjuukan bahwa nilai t sebesar 4.26, pada p > 0.05 yang menunjukkan bahwa konseling cognitive behavior teknik restrukturisasi berbasis website schoology efektif meningkatkan self efficacy siswa. Tanggapan siswa terhadap keberterimaan, kemudahan akses dan kebermanfaatan sistem dan panduan konseling dalam kategori baik, dengan indeks rata-rata lebih daru 50% siswa setuju sistem konseling dan modul panduan mudah dipahami dan dilaksanakan, mudah diakses dan bermanfaat. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pengembangan dan inovasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah berbasis ICT, khususnya menggunakan Schoology.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling Cognitive Behavior, Teknik Restrukturisasi Kognitif, Self Efficacy,4D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Putu Bella Oktavia
Date Deposited: 05 Oct 2021 01:49
Last Modified: 05 Oct 2021 01:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8296

Actions (login required)

View Item View Item