Peran Guru PPKN Dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa Di Madrasah Aliyah (MA) Syamsul Huda Desa Tegallinggah-Buleleng

Azhar, Ainur (2021) Peran Guru PPKN Dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa Di Madrasah Aliyah (MA) Syamsul Huda Desa Tegallinggah-Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714041015-COVER.pdf

Download (313kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714041015-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 KAJIAN TEORI)
1714041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714041015-LAMPIRAN.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Peran guru PPKn dalam meningkatkan moral siswa di MA Samsul huda Singaraja; (2) Apa faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam meningkatkan moral siswa di MA Samsul Huda Desa Tegallinggah-Buleleng. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Guru Pengampu Mata Pelajaran PPKn, Kepala Sekolah dan siswa yang di tentukan dengan teknik Purposive Sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: di MA Syamsul Huda peran Guru sebagai (1) Guru sebagai perencana, (2) Guru Sebagai inisiator, (3) Guru Sebagai motivator, (4) Guru sebagai observer, (5) Guru sebagai antisifator, (6) Guru sebagai model, (7) Guru sebagai evaluator, (8) Guru sebagai teman bereksplorasi bersama anak didik, dan (9) Guru sebagai promotor agar anak menjadi pembelajar sejati. guru PPKn tidak hanya memberikan materi dalam bentuk ceramah di ruang kelas, namun guru PPKn juga mengimplementasikan teori yang telah di salurkan kepada siswa. Guru PPKn selalu mendampingi siswa dalam mengikuti acara rutinitas keagamaan dan hal ini jadi kesempatan bagi guru PPKn dalam megasah moralitas siswa. Ide memberi materi moralitas tidak hanya di kelas namun juga dengan melakukan pendampingan dalam acara keagamaan. Dengan itu kami semua guru di MA Syamsul Huda saling merangkul dalam menggapai tujuan yang akan di capai. Faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam meningkatkan nilai moral siswa di MA Syamsul Huda: (a) Faktor pendukung, sarana dan prasarana, tatatersib siswa dan guru, dan guru. (b) Faktor penghambat, Kondisi siswa, Pembelajaran Dalam Jaringan (BDR). Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Meningkatkan, Moral Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PPKn, Meningkatkan, Moral Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: AINUR AZHAR
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:21
Last Modified: 14 Oct 2021 07:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item View Item