Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Mukaromah, Anis Fitriatul (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071002-COVER.pdf

Download (254kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071002-ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071002-BAB 1PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071002-BAB 3 METODELOGI PENELITAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071002-LAMPIRAN.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPA Undiksha terhadap proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPA Undiksha dengan melibatkan 108 mahasiswa yang terdiri dari Semester II, IV, dan VI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data tentang kepuasan siswa dikumpulkan dengan metode angket menggunakan instrumen kuesioner/angket. Instrumen tingkat kepuasan mahasiswa memenuhi kriteria konsistensi internal butir dengan koefisien 0,386 sampai 0,731 dengan rtabel (0,355). Reliabilitas instrument diuji dengan rumus cronbach’s alpha, dimana koefisien reliabilitasnya adalah r110,91. Data kepuasan mahasiswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 adalah 76,7 tergolong dalam kategori tinggi, jika dilihat dari dimensi-dimensi kepuasan, rata-rata skor kepuasan mahasiswa pada dimensi bukti nyata/fisik (tangible) adalah 71,4, yang termasuk pada kategori tinggi. Pada dimensi kehandalan pelayanan (reliability) rata-rata skor mahasiswa adalah sebesar 75,2, yang termasuk kategori tinggi. Pada dimensi daya tanggap (responsiveness) skor rata-rata mahasiswa adalah sebesar 77,6, yang termasuk kategori tinggi. Pada dimensi jaminan/keyakinan (assurance) skor rata-rata mahasiswa adalah sebesar 81,2, yang termasuk kategori tinggi. Pada dimensi empati/kepedulian (empathy) skor rata-rata mahasiswa adalah sebesar 78,3, yang termasuk kategori tinggi. Secara umum mahasiswa menunjukkan kepuasan yang tinggi pada pelayanan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, kepuasan mahasiswa, dimensi kepuasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Anis Fitriatul Mukaromah
Date Deposited: 17 Oct 2021 06:53
Last Modified: 17 Oct 2021 06:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8376

Actions (login required)

View Item View Item