PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERMUATAN ETNOMATEMATIKA BALI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, LITERASI NUMERASI, DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Widiantari, Ni Kadek Kasi (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERMUATAN ETNOMATEMATIKA BALI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, LITERASI NUMERASI, DAN PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1823011009-COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011009-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (554kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEBAHASAN)
1823011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan untuk menghasilkan e-Modul pembelajaran Matematika bermuatan Etnomatematika Bali yang valid, praktis, dan efektif sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar, Literasi Numerasi, dan Pendidikan Karakter. Penelitian pengembangan ini adalah pengembangan Plomp dengan lima tahapan. Tahap investigasi awal mencangkup observasi kondisi dan permasalahan. Tahap desain meliputi kegiatan menentukan desain produk berupa e-modul yang dikembangkan. Tahap realisasi/konstruksi meliputi kegiatan penyusunan e-modul dengan aplikasi sigil. Tahap tes, evaluasi dan revisi dilakukan kegiatan uji validitas, uji coba terbatas, uji coba lapangan 1 dan 2 untuk uji kepraktisan dan keefektifan. Tahap implementasi tidak dilaksanakan terkait keterbatasan waktu dan lingkup penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan guru, angket motivasi belajar, tes literasi numerasi, dan angket pendidikan karakter. Pengumpulan data melalui angket, tes, observasi, dan wawancara. Analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan e-Modul pembelajaran ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Karakteristik dihasilkan sebagai berikut. (1) Memberikan kemudahan bagi siswa dalam melihat keterkaitan antara materi matematika yang dipelajari dengan kehidupan nyata; (2) Memberikan kemudahan kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan tahapan-tahapan kegiatan yang jelas, mudah dipahami, dan praktis; (3) Memuat konteks etnomatematika yang menjadikan pembelajaran matematika lebih menarik dan kontekstual serta bermakna, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar, mengenalkan literasi numerasi, dan Pendidikan Karakter. Adapun kekurangan-kekurangan yang dimiliki, sebagai berikut. (1) Materi yang dibahas terbatas kepada pencapaian kompetensi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas IX SMP; (2) Pelaksanaannya memerlukan waktu diluar kapasitas jam pelajaran khususnya kegiatan penemuan dan proyek yang membutuhkan waktu tambahan diluar kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Etnomatematika Bali, Motivasi Belajar, Literasi Numerasi, Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Kadek Kasi Widiantari
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:59
Last Modified: 21 Oct 2021 08:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8568

Actions (login required)

View Item View Item