Lestari, I Gusti Ayu Mediana (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Siklus Belajar 5e pada Materi Ekosistem Untuk Memberdayakan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA Negeri 1 Negara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041017-COVER.pdf Download (544kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041017-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (81kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041017-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengembangan LKS berbasis siklus belajar 5E pada setiap tahapannya, (2) validitas LKS, (3) kepraktisan LKS dan (4) keefektifan LKS untuk memberdayakan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan soal materi ekosistem. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKS berbasis siklus belajar 5E pada setiap tahapannya dikembangkan dengan model ADDIE, (2) kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis siklus belajar 5E dari ahli materi dan ahli media mendapatkan presentase skor sebesar 82,9% dengan kriteria valid, (3) kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis siklus belajar 5E mendapatkan presentase sebesar 83,0% dengan kriteria sangat praktis, (4) keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis siklus belajar 5E mendapatkan presentase sebesar 73,6% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis siklus belajar 5E materi ekosistem dapat digunakan sebagai alternatif baru dalam media pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS), materi ekosistem, model ADDIE, siklus belajar 5E |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Mediana Lestari |
Date Deposited: | 17 Oct 2021 17:15 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 17:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8597 |
Actions (login required)
View Item |