Trisna, Dewa Gede Agung (2021) PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERTAHANAN TUBUH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041049-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041049-ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (385kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041049-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa modul sistem pertahanan tubuh berbasis problem based learning pada pembelajaran biologi untuk kelas XI di SMA. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 3 Singaraja dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang . Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pedoman wawancara, angket validasi ahli dan praktisi, lembar validasi soal, angket respons guru, angket respons siswa, dan lembar soal post test . Berdasarkan hasil penilaian uji validitas oleh ahli diperoleh hasil penilaian dengan rerata persentase 93,85% kategori sangat valid dan oleh praktisi diperoleh hasil penilaian dengan rerata persentase 89,93% kategori sangat valid. Hasil uji validitas soal diperoleh skor rata-rata 0,70 kategori relevan. hasil uji kepraktisan melalui respons guru diperoleh hasil penilaian dengan rerata persentase 85,72% kategori sangat praktis dan hasil penilaian respons kepraktisan siswa dengan rerata persentase 82,12% kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan dengan perhitungan ketuntasan belajar klasikal diperoleh hasil penilaian dengan rerata persentase 84,44% kategori sangat baik. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa modul sistem pertahanan tubuh berbasis problem based learning dinyatakan memiliki kualitas valid, praktis dan efektif ditinjau dari hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, modul sistem pertahanan tubuh, problem based leaning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | DEWA GEDE AGUNG TRISNA |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 00:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 00:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8617 |
Actions (login required)
View Item |