Budhi Puniatmaja, I Gede Pait (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERMUATAN NILAI KARAKTER TOLERANSI PADA KELAS V TEMA 7 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DI SD NEGERI BUNUTIN KINTAMANI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031280-COVER.pdf Download (815kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031280-ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031280-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031280-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031280-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031280-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031280-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031280-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031280-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses pengembangan modul pembelajaran PKn bermuatan nilai karakter toleransi pada kelas V tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 SD, 2) validitas pengembangan modul pembelajaran PKn bermuatan nilai karakter toleransi pada kelas V tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (analisis, design, development, implementation, dan evalution). Subjek penelitian ini adalah modul PKn tema 7 subtema 1. Modul PKn tema 7 subtema 1 sebagai subjek penelitian yang diuji oleh ahli pembelajaran untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Data modul PKn tema 7 subtema 1 dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji validitas berdasarkan hasil evaluasi dari (1) ahli materi diperoleh persentase tingkat pencapaian yaitu 96,66 % yang berada pada kualifikasi sangat baik, (2) ahli media pembelajaran diperoleh persentase tingkat pencapaian yaitu 88,88 % dan berada pada kualifikasi baik, (3) uji coba perorangan diperoleh persentase tingkat pencapaian dari guru yaitu 94,5 % dan berada pada kualifikasi sangat baik. Penggunaan modul yang dikembangkan efektif digunakan untuk mendukung pembelajaran pada pembelajaran PKn bermuatan nilai karakter toleransi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, modul, PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I GEDE PAIT BUDHI PUNIATMAJA |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:46 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8669 |
Actions (login required)
View Item |