PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Surya, Putu Dias Maretha (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071017-COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071017-ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071017-BAB 5 PENUTUP.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071017-LAMPIRAN.pdf

Download (42MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas suatu produk berupa e-modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa VIII pada materi semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan et al., (1974). Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest, dan data dianalisis dengan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik e-modul berupa penambahan fitur live chat sebagai implementasi pembelajaran inkuiri secara virtual, (2) Validitas ditinjau dari tiga aspek meliputi aspek materi rata-rata skor total 0,98 kategori sangat valid, aspek media rata-rata skor total 3,08 kategori valid, aspek bahasa rata-rata skor total 3,77 kategori sangat valid. (3) Kepraktisan ditinjau dari respon guru dan siswa rata-rata skor total masing-masing 3,28 dan 3,27 kategori praktis. (4) Efektivitas hasil tes keterampilan proses sains posttest rata-rata skor total 90,38 kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki <g> = 0,82 kategori tinggi. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa e-modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, pembelajaran IPA, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Putu Dias Maretha Surya
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:09
Last Modified: 19 Oct 2021 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8674

Actions (login required)

View Item View Item