Pengembangan Perangkat STEM-Pjbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Yasa, I Dewa Made Krisna (2021) Pengembangan Perangkat STEM-Pjbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011021-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011021-LAMPIRAN.pdf

Download (34MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran berbasis proyek perlu dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan perangkat Project-based Learning dengan Pendekatan STEM materi Penyajian Data yang valid dan praktis, dan (2) Mengetahui efektivitas perangkat STEM-PjBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari fase Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment dengan subjek penelitian siswa SMPN 6 Denpasar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa Buku Siswa memenuhi kriteria valid dengan skor validitas rata-rata 3,47. Buku Petunjuk Guru memenuhi kriteria sangat valid dengan skor validitas rata-rata 3,82. RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan skor validitas rata-rata 3,61. Hasil uji lapangan menunjukkan buku guru memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 3,11 pada uji lapangan II. Buku siswa memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 3,01 pada uji lapangan II. RPP memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 3,25 pada uji lapangan II. Implementasi perangkat STEM-PjBL meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 68,35 pada uji lapangan I dan sebesar 71,13 pada uji lapangan II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan valid dan praktis; (2) Perangkat STEM-PjBL ini mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perangkat STEM-PjBL, Kemampuan Pemecahan Masalah, Penyajian Data
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Dewa Made Krisna Yasa
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:09
Last Modified: 22 Oct 2021 02:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8700

Actions (login required)

View Item View Item