RiskaDepiani, Made (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII Berbasis Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923071028-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071028-ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (456kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071028-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Depiani, M. R. (2021), Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII Berbasis Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. A.A. Istri Rai Sudiatmika, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes. Kata-kata kunci: modul, mind map, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis mind map yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop yaitu uji efektivitas. Tahap develop dilakukan melalui tiga tahap yaitu uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektivitas. Uji validasi dilakukan dengan pengisian angket validasi oleh dua ahli isi dan satu ahli bahasa. Uji kepraktisan dilakukan dengan pengisian angket kepraktisan oleh tiga guru IPA kelas VIII dan 20 peserta didik. Pelaksanaan uji kepraktisan dan efektivitas dilaksanakan di SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2020/2021. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest kepada 20 peserta didik. Keefektifan modul dilihat dari N-gain score memenuhi ≥ 0,3 dengan kriteria sedang dan hasil tes belajar peserta didik mencapai KKM ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) modul dinyatakan sangat valid berdasarkan skor rata-rata ahli isi dan bahasa secara beruturut-turut sebesar 0,97 berdasarkan uji Gregory dan 3,78 berdasarkan perhitungan rata-rata. 2) Modul dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata oleh guru sebesar 3,85 dan kepraktisan oleh peserta didik sebesar 3,13 dengan kualifikasi praktis. 3) Berdasarkan hasil uji efektivitas N-gain score sebesar 0,54 dengan kriteria sedang dan hasil belajar peserta didik mencapai KKM ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis mind map valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, mind map, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Made Riska Depiani |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 08:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8767 |
Actions (login required)
View Item |