Penerapan Guided Discovery Learning Mengakibatkan Perbedaan Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN Bali Mandara

Widiastika, I Putu Yudha (2021) Penerapan Guided Discovery Learning Mengakibatkan Perbedaan Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN Bali Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041039-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041039-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041039-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional; (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional. Jenis penelitian yang diambil yaitu eksperimental semu dengan rancangan nonequivalent randomized pre and posttest control group design. Sampel yaitu siswa XI MIPA 2 (kelas kontrol) dan XI MIPA 3 (kelas eksperimen) SMA Negeri Bali Mandara dengan jumlah 60 orang siswa yang dipilih secara multistage random sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner kemandirian belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data memakai uji t independent sample. Penelitian ini memperlihatkan hasil: (1) adanya perbedaan peningkatan kemandirian belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional karena diperoleh nilai p = 0,000 (p<0,05), (2) adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional karena diperoleh nilai p = 0,001 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery Learning, kemandirian belajar, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: I PUTU YUDHA WIDIASTIKA
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:13
Last Modified: 22 Oct 2021 05:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8770

Actions (login required)

View Item View Item