Widiastika, I Putu Yudha (2021) Penerapan Guided Discovery Learning Mengakibatkan Perbedaan Peningkatan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN Bali Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041039-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041039-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (86kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041039-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional; (2) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional. Jenis penelitian yang diambil yaitu eksperimental semu dengan rancangan nonequivalent randomized pre and posttest control group design. Sampel yaitu siswa XI MIPA 2 (kelas kontrol) dan XI MIPA 3 (kelas eksperimen) SMA Negeri Bali Mandara dengan jumlah 60 orang siswa yang dipilih secara multistage random sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner kemandirian belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data memakai uji t independent sample. Penelitian ini memperlihatkan hasil: (1) adanya perbedaan peningkatan kemandirian belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional karena diperoleh nilai p = 0,000 (p<0,05), (2) adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model Guided Discovery Learning dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional karena diperoleh nilai p = 0,001 (p<0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Discovery Learning, kemandirian belajar, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I PUTU YUDHA WIDIASTIKA |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 05:13 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8770 |
Actions (login required)
View Item |