PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS TIGA LEVEL REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Yanti, Ni Putu Darma (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS TIGA LEVEL REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713031015-COVER.pdf

Download (366kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713031015-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713031015-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, dan keterbacaan buku ajar berbasis tiga level representasi kimia pada materi larutan penyangga yang dihasilkan pada penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Borg dan Gall. Tahapan yang dilakukan adalah (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, dan (3) pengembangan produk. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket keterbacaan. Karakteristik buku ajar yang dikembangkan menampilkan tiga level representasi kimia (makroskopis, submikroskopis, dan simbolik). Hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dengan skor rata-rata dari aspek isi sebesar 3,70, bahasa sebesar 3,30, dan media sebesar 2,92. Hasil uji keterbacaan buku ajar yang dikembangkan menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan sudah dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji keterbacaan sebesar 3,41 terbaca jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, larutan penyangga, tiga level representasi kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Ni Putu Darma Yanti
Date Deposited: 20 Oct 2021 15:16
Last Modified: 20 Oct 2021 15:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8775

Actions (login required)

View Item View Item