PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS DENGAN LATAR GAMBAR NUANSA BUDAYA BALI UNTUK SISWA KELAS III PADA TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Winda Crisiana, Ni Komang (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS DENGAN LATAR GAMBAR NUANSA BUDAYA BALI UNTUK SISWA KELAS III PADA TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031307-COVER.pdf

Download (980kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031307-ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031307-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031307-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031307-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031307-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031307-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031307-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031307-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media fun thinkers dengan latar gambar nuansa budaya Bali untuk siswa kelas III SD pada Tema 7 Perkembangan Teknologi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, karena keterbatasan waktu, finansial, tenaga, dan sumber daya maka penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap analisis, desain, dan pengembangan. Tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah media fun thinkers dengan latar gambar nuansa budaya Bali, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas isi dan kelayakan isi dari media fun thinkers. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 4 orang dosen dan 2 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas media fun thinkers adalah rating scale berupa lembar penilaian media fun thinkers dari ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media fun thinkers dan rumus perolehan skor untuk mengetahui respon pengguna media fun thinkers. Nilai rata-rata validitas materi soal yang diperoleh adalah 4,7 dengan kualifikasi sangat baik, nilai rata-rata validitas media yang diperoleh adalah 4,68 dengan kualifikasi sangat baik, perolehan skor respon praktisi adalah 94,5% dengan kualifikasi sangat baik, perolehan skor respon siswa adalah 93,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media fun thinkers yang dikembangkan dengan latar gambar nuansa budaya Bali dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Fun Thinkers, Perkembangan Teknologi, Budaya Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KOMANG WINDA CRISIANA
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:17
Last Modified: 19 Oct 2021 07:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8776

Actions (login required)

View Item View Item