Putri, Ni Made Ari Anggreni (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA SISWA KELAS IV SD DI KABUPATEN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031220-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031220-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031220-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (457kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031220-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031220-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031220-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031220-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031220-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (663kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031220-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui prototipe, validitas, dan reliabilitas instrumen pengetahuan konseptual pada siswa kelas IV SD. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah (R&D) (Research and Development ) dengan 10 tahapan Model dari Borg and Gall : 1. analisis kebutuhan, 2. merancang alat ukur berupa tes yang berpusat pada pengetahuan konseptual pada siswa kelas IV SD, 3. mengembangkan alat ukur pengetahuan konseptual pada siswa kelas IV SD, 4. mengimplementasikan alat ukur yang berpusat pada pengetahuan konseptual pada siswa kelas IV SD. Pengembangan dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu: tahap-tahap analisis kebutuhan, merumuskan tujuan, merancang alat ukur tes yang berpusat pada pengetahuan konseptual, pengembangan alat ukur tes yang berpusat pada pengetahuan konseptual, mengimplementasikan alat ukur tes sesuai dengan pengetahuan konseptual. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui proses validasi. Untuk mengukur validitas instrumen pengetahuan konseptual, digunakan lembar penilaian judges yang diisi oleh 5 orang dosen, dan di uji cobakan kepada peserta didik dengan uji terbatas dan uji luas. Data validitas instrumen pengetahuan konseptual yang di peroleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi point biseral untuk mengetahui skor rata-rata validitas instrumen pengetahuan konseptual yang diperoleh dari uji ahli instrument sebesar 1.00 termasuk dalam kategori sangat tinggi, uji validitas butir dihasilkan 25 butir tes valid, uji reliabilitas tes sebesar 0,861 dengan kualifikasi sangat tinggi, analisis tingkat kesukaran diperoleh hasil terdapat 14 soal dengan kategori sedang dan 11 soal dengan kategori mudah, analisis daya beda diperoleh 4% soal dengan kriteria cukup 88% soal dinyatakan baik dan 8% soal dengan kriteria Baik sekali, hasil analisis kualitas pengecoh diperoleh hasil 70 pengecoh kriteria baik dan 5 pengecoh kriteria kurang baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu instrument yang dikembangkan valid dan reliabel serta layak digunakan sebagai instrument pengetahuan konseptual pada siswa kelas IV SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrument, konseptual, Borg and Gall |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ari Anggreni Putri |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8809 |
Actions (login required)
View Item |