Ayu Winawatiningsih, Gusti (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BERBASIS SOAL KOSAKATA UNTUK SISWA SD KELAS II PADA TEMA 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031070-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031070-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031070-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031070-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031070-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031070-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031070-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031070-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031070-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BERBASIS SOAL KOSAKATA UNTUK SISWA SD KELAS II PADA TEMA 2 BERMAIN DI LINGKUNGANKU Oleh Gusti Ayu Winawatiningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media fun thinkers untuk siswa SD kelas II pada tema 2 bermain di lingkunganku. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analyze (analisis), (2) design (desain/perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) evaluation (evaluasi). Karena adanya keterbatasan waktu, finansial, tenaga, dan sumber daya, maka penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap analisis, desain/ perancangan, dan pengembangan. Pada tahap implementasi dan evalusai tidak dilakukan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah media fun thinkers untuk siswa SD kelas II pada tema 2 bermain di lingkunganku. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas media fun thinkers yang dikembangkan. Pengumpulan data ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang dosen ahli materi soal, 2 orang dosen ahli media, dan 2 orang guru. Instrument yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas media fun thinkers adalah rating scale berupa lembar penilaian media fun thinkers dari ahli. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media fun thinkers. Hasil analisis data validiasi media yang diperoleh bahwa masing-masing item penilaian mendapat rata-rata skor pada validitas materi soal, media fun thinkers, respon guru, dan respon siswa pada pedoman konversi skala lima masing-masing item penilaian memiliki kualifikasi sangat baik, ini menunjukkan bahwa media fun thinkers valid digunakan pada proses pembelajaran di sekolah dasar terutama pada kelas II. Rata-rata skor validitas materi soal adalah 4.43. Skor validitas media fun thinkers adalah 4.93. Skor penilaian respon guru adalah 4.6 dan respon siswa adalah 4.83. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media fun thinkers yang dikembangkan untuk siswa SD kelas II pada tema 2 bermain di lingkunganku dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas II sekolah dasar. Kata-kata kunci: fun thinkers, tema 2 bermain di lingkunganku
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fun thinkers, tema 2 bermain di lingkunganku |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Winawatiningsih |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 10:10 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 10:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8833 |
Actions (login required)
View Item |