Pengembangan Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI MIN 5 Jembrana Tahun Pelajaran 2020/2021

Pramesti, Putu Desta (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI MIN 5 Jembrana Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031124-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031124-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031124-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031124-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031124-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Pembelajaran daring yang monoton tanpa adanya inovasi menyebabkan siswa jenuh untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, penting adanya penggunaan media pembelajaran agar dapat mengatasi kondisi pelaksanaan pembelajaran yang demikian. Penelitian pengembangan yang telah dilaksanakan menghasilkan media pembelajaran daring interaktif berbasis Power Point dengan fungsi Hyperlink pada mata pelajaran IPA yang membahas mengenai Rotasi Revolusi Bumi dan Bulan. Pelaksanaan penelitian ini disesuaikan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 1 ahli isi materi pembelajaran, 1 ahli desain media pembelajaran, 1 pendidik, dan 3 siswa. Objek penelitian ini yaitu validitas media pembelajaran daring yang telah dikembangkan. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode kuisioner. Adapun hasil analisis data yang telah diperoleh tersebut berada pada kualifikasi sangat baik dengan rincian sebagai berikut. Uji ahli isi materi pembelajaran memperoleh persentase 94%, uji ahli desain media pembelajaran memperoleh persentase 90%, penilaian respon pendidik memperoleh persentase 90%, dan penilaian respon siswa memperoleh rata-rata persentase 94,7%. Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran yang telah dikembangkan terbukti layak untuk diterapkan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Power Point, Hyperlink, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: PUTU DESTA PRAMESTI
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:34
Last Modified: 19 Oct 2021 08:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item View Item