Wesnawati, Ayu Candra Dewi (2021) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPA BERORIENTASI NATURE OF SCIENCE DALAM BENTUK WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923071013-COVER.pdf Download (655kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071013-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (443kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071013-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ayu Candra Dewi Wesnawati (2021), Pengembangan Sumber Belajar IPA Berorientasi Nature of Science dalam Bentuk Website untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ketut Suma, M.S. dan Pembimbing II: Prof. Drs. I Wayan Subagia, M.App.Sc.,Ph.D. Kata-kata kunci: sumber belajar berorientasi NoS, website dan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa sumber belajar IPA berorientasi NoS dalam bentuk website yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling yang terdiri atas dua ahli materi, satu orang ahli media, satu orang ahli bahasa, 15 orang guru IPA, dan 40 orang siswa kelas VIII. Penelitian ini dirancang dengan memodifikasi model pengembangan Thiagarajan yang terdiri atas tahapan define, design, dan develop. Desain uji coba lapangan pada penelitian ini menggunakan one group pre-posttest design. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) Produk penelitian ini memiliki karakteristik menggunakan tahapan pembelajaran berorientasi NoS dan memiliki fokus dalam melatih keterampilan proses sains siswa yang disajikan dalam bentuk website; 2) Produk penelitian ini sangat valid pada aspek materi dengan koefisien validasi Gregory 0,91; 3) Pada aspek media produk penelitian ini memeroleh nilai 0,91 dengan kualifikasi sangat valid; 4) Pada aspek kebahasaan produk penelitian ini memeroleh nilai 1 dengan kualifikasi sangat valid; 5) Berdasarkan penilaian pemakai, produk penelitian ini sangat praktis yang ditunjukan dengan rata-rata skor 93,55 oleh guru IPA dan 91 oleh siswa kelas VIII; dan 6) Produk penelitian ini efektif karena memiliki gain skor 0,57 yang tergolong ke dalam kategori sedang dikuatkan dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa 76,7 dengan kualifikasi baik, dan persentase siswa yang memenuhi KKM sebanyak 70%. Sumber belajar IPA berorientasi NoS dalam bentuk website telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sumber belajar berorientasi NoS, website, keterampilan proses sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ayu Candra Dewi Wesnawati |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8865 |
Actions (login required)
View Item |