PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KOGNITIF UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR

Juliawan, I Putu Gede Friday (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KOGNITIF UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011078-COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011078-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011078-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran matematika untuk siswa tunarungu. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan karakteristik multimedia pembelajaran berdasarkan teori kognitif pada materi bangun datar untuk siswa SMPLB B Tunarungu kelas VIII; (2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan multimedia pembelajaran berdasarkan teori kognitif pada materi bangun datar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket dan catatan harian. Data yang diperoleh dari pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik dengan prinsip Contiguity, Coherence, Signaling, Redundancy, Segmenting, Pre-training, Modality, Multimedia, Personalization, dan Interactivity. Multimedia pembelajaran materi bangun datar berdasarkan teori kognitif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan total skor dari ahli media 28 dengan kriteria baik, total skor dari ahli materi 29 dengan kriteria baik, total skor dari ahli desain pembelajaran 33 dengan kriteria baik, dan total skor dari ahli bahasa 28 dengan kriteria baik. Multimedia pembelajaran materi bangun datar berdasarkan teori kognitif juga memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor angket guru sebesar 90,5 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan telah memiliki kualifikasi yang baik dan layak digunakan pada proses pembelajaran materi bangun datar untuk siswa tunarungu kelas VIII. Kata kunci: siswa tunarungu, multimedia, teori kognitif, bangun datar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: siswa tunarungu, multimedia, teori kognitif, bangun datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I PUTU GEDE FRIDAY JULIAWAN
Date Deposited: 20 Oct 2021 15:46
Last Modified: 20 Oct 2021 15:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8872

Actions (login required)

View Item View Item