Agustin, Nela (2019) PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS) LUAR BIASA C NEGERI 2 BULELENG, BALI (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1514091011-COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1514091011-ABSTRAK.pdf.pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1514091011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1514091011-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1514091011-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1514091011-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1514091011-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1514091011-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1514091011-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berawal dari perdebatan masyarakat mengenai pembelajaran pendidikan seks di sekolah. Namun di tengah perdebatan tersebut, justru pendidikan seks diajarkan di sekolah luar biasa C Negeri 2 Buleleng. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menambah pengetahuan peserta didik SMA Luar Biasa C Negeri 2 Buleleng mengenai pemahaman tentang pendidikan seks, sehingga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Mengetahui pola interaksi guru dan peserta didik di dalam kelas maupun di luar kelas dalam konteks pendidikan seks. 3) Mengetahui kendala-kendala guru dalam memberikan pendidikan seks dan cara mengatasinya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Luar biasa C Negeri 2 Buleleng, Bali dan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui langkah-langkah: pendekatan dan jenis penelitian serta lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Faktor-faktor yang melatarbelakangi diajarkannya pendidikan seks di SMA Luar Biasa C Negeri 2 Buleleng, 2) Pola interaksi guru dan peserta didik di dalam maupun di luar kelas dalam konteks pendidikan seks, 3) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam memberikan pendidikan seks dan cara guru mengatasi kendala tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan seks diberikan kepada remaja tunagrahita karena memiliki kebutuhan seksual yang sama dengan remaja pada umumnya yang kategorikan normal. Kata kunci: Pendidikan Seks, Remaja Tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Seks, Remaja Tunagrahita. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | NELA AGUSTIN PERMATA SARI |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 04:58 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 04:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/89 |
Actions (login required)
View Item |