Maulina, Ihya (2021) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Trigonometri Berdasarkan Prosedur Newman Pada Kelas X Di SMK N 2 Singaraja Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011084-COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011084-ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (427kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011084-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi trigonometeri pada siswa kelas X di SMK N 2 Singaraja semester genap tahun ajaran 2020/2021. Prosedur analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah Prosedur Newman, yakni: 1) kesalahan membaca; 2) kesalahan memahami soal; 3) kesalahan transformasi; 4) kesalahan keterampilan proses; 5) kesalahan penulisan jawaban akhir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, analisis dokumen, dan wawancara dengan 2 kelas subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan-kesalahan berdasarkan prosedur Newman, yaitu: 1) kesalahan dalam membaca masalah yakni 1.17%; 2) kesalahan memahami masalah yakni 14.41%; 3) kesalahan transformasi masalah yakni 37,35%; 4) kesalahan keterampilan proses yakni 54,11%; 5) kesalahan penulisan jawaban akhir yakni 83,52%. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan, diantaranya: 1) kurangnya kemampuan siswa dalam membaca masalah; 2) kurangnya penguasaan siswa berkaitan rumus; 3) kurangnya kesadaran peserta didik untuk memeriksa jawaban akhir; 4) kurangnya minat pada matematika; 5) ketidakseriusan siswa dalam mengikuti pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesalahan siswa, prosedur newman, soal cerita |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | IHYA MAULINA |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 11:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 11:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9040 |
Actions (login required)
View Item |