PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL DENGAN REPRESENTASI BERAGAM DAN BERMUATAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X

Lestari, Kadek Rona Sri (2021) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL DENGAN REPRESENTASI BERAGAM DAN BERMUATAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011080-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011080-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (614kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011080-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011080-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011080-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dicoba untuk meningkatkan uraian siswa terhadap materi trigonometri dengan menggunakan perkembangan teknologi berbentuk modul digital. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat kelayakan dan kegunaan dari modul digital dengan representasi beragam dan bermuatan masalah kontekstual pada materi trigonometri guna meningkatkan pemahaman siswa kelas X. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu di SMA N 2 Singaraja. Instrumen angket yang dipergunakan pada kajian studi ini adalah lembar validasi, wawancara, catatan harian, serta angket kelayakan untuk ahli materi, ahli kebahasaan, ahli media, dan angket respon siswa dan guru. Hasil uji kelayakan modul digital oleh ahli materi adalah 2,75 dengan kriteria layak, hasil uji kelayakan dari ahli kebahasaan adalah 2,95 dengan kriteria layak dan hasil uji kelayakan oleh ahli media adalah 3,00 dengan kriteria layak. Sehingga rata-rata total ahli materi, ahli kebahasaan dan ahli media yaitu 2,9 dengan kriteria layak sehingga produk layak diimplementasii. Hasil penilaian kegunaan produk modul digital oleh siswa yaitu sebesar 4,39 dengan kriteria sangat baik dan hasil penilaian kegunaan oleh guru adalah 4,72 dengan kriteria sangat baik. Sehingga tingkat kegunaan modul digital berada pada kriteria sangat baik dengan rata-rata skor total sebesar 4,555. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan kegunaan, modul digital dengan representasi beragam dan bermuatan masalah kontekstual pada materi trigonometri layak dan berguna dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model ADDIE, modul digital, trigonometri, representasi beragam masalah kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Rona Sri Lestari
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:32
Last Modified: 21 Oct 2021 05:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9058

Actions (login required)

View Item View Item