PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN POWERPOINT MUATAN IPA TOPIK ORGAN-ORGAN PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI 5 PERING SARI TAHUNPELAJARAN 2020/2021

Suartawan, I Dewa Gede (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN POWERPOINT MUATAN IPA TOPIK ORGAN-ORGAN PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI 5 PERING SARI TAHUNPELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031003-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031003-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media PowerPoint pembelajaran pada topik organ-organ pencernaan pada manusia kelas V SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation), karena situasi pandemi maka penelitian ini hanya dilaksanakan hanya sampai tahap pengembangan (develovment) saja. Subjek pada penelitian ini adalah media PowerPoint pembelajaran, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media PowerPoint. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata validasi media PowerPoint pembelajaran. Pengembangan media video pembelajaran dinyatakan valid dengan (1) rata-rata ahli media 3,6, dengan kualifikasi sangat baik. (2) rata-rata ahli materi 3,8, dengan kualifikasi sangat baik. (3) rata-rata ahli desain 3,6, dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pengembangan produk PowerPoint pembelajaran memiliki rata-rata berada pada rentangan 3,01 < X ≤ 4, dengan kualifikasi “sangat baik”. Dengan demikian dapat diindikasikan bawa produk PowerPoint pembelajaran dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: powerpoint pembelajaran, organ-organ pencernaan pada manusia, model addie
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Dewa Gede Suartawan
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:00
Last Modified: 21 Oct 2021 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9076

Actions (login required)

View Item View Item