Alfonso, Moerdhani N. (2021) KEAMBIGUITASAN IKLAN KOMERSIAL MEDIA CETAK BALIPOST DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011041-COVER.pdf Download (812kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011041-ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011041-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011041-LAMPIRAN.pdf Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keambiguitasan iklan komersial pada media cetak Balipost dan relevansinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP khususnya pada materi tentang teks iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah iklan komersial pada media cetak Balipost dan objeknya adalah keambiguitasan iklan komersial pada media cetak Balipost. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis data yang diadopsi dari model interaktif Miles and Hubermann yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan terdapat keambiguitasan makna pada iklan komersial yang dimuat pada media cetak Balipost baik dari aspek gramatikal maupun aspek leksikal. Kembiguitasan dari sisi gramatikal terdapat pada kalimat maupun frasa yang secara leksikal mengandung makna ganda. Selain itu hasil penelitian ini juga menemukan bahwa iklan yang memiliki ambiguitas baik secara gramatikal maupun leksikal juga sering digunakan guru sebagai contoh dalam pembelajaran tentang teks iklan di jenjang SMP tanpa penjelasan yang memadai tentang konsep ambiguitas. Akibatnya terdapat variasi jawaban yang diberikan siswa saat guru meminta siswa membuat kesimpulan terhadap makna yang disajikan pada sebuah teks iklan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keambiguitasan teks iklan, Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Moerdani N. Alfonso |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 06:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9138 |
Actions (login required)
View Item |