RAHMAN, SAIFUL (2019) Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Liligundi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511021022-COVER.pdf Download (455kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511021022-ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021022- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021022- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021022- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1511021022- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021022- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021022- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511021022-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan modul berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas IV SD Negeri 2 Liligundi Tahun Pelajaran 2019/2020 , (2) untuk menguji kelayakan modul berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas IV SD Negeri 2 Liligundi Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan modul berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas IV SD Negeri 2 Liligundi Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan meliputi yang digunakan untuk mengembangkan modul berbasis pendekatan Saintifik yaitu model Hannafin dan Peck. Simpulan penelitian pengembangan ini terdiri dari tiga hal yaitu, (1)Proses pengembangan modul berbasis pendekatan Saintifik untuk siswa kelas IV SD dilakukan melalui tahap analisis kebutuhan (need assesment), tahap desain (design), dan tahap pengembangan dan implemetasi (development and implementation). (2)Kualitas modul berbasis pendekatan Saintifik berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase 95,3% dengan kategori Sangat baik. Ahli desain memperoleh persentase 85,5% dengan kategori baik. Ahli media pembelajaran memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat baik. Persentase uji coba perorangan yaitu 94,6% dengan kategori sangat baik. Persentase uji coba kelompok kecil yaitu, 96,8% dengan kategori sangat baik. Dan persentase uji coba lapangan yaitu, 97,06% dengan kategori sangat baik. (3) Hasil pengembangan produk modul berbasis pendekatan saintifik dianalisis dengan teknik analisis statistik inferensial (uji-t) menemukan bahwa hasil uji-t diperoleh thitung = 9,521 sedangkan ttabel dengan db= n1+n2-2 = 10 pada taraf signifikan 5% yaitu 1,812. Jadi thitung > ttabel, maka berdasarkan ketentuan bila t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul berbasis pendekatan Saintifik dan sesudah menggunakan modul berbasis pendekatan Saintifik. Bagi peneliti lain untuk menyempurnakan penelitian ini agar lebih baik dan diharapkan dapat memperluas populasi penelitian, yaitu dengan menambah jumlah responden. Kata Kunci: model hannafin dan peck, modul, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keyword1Model Hannafin dan Peck, Keyword2Modul, Keyword3Hasil Belajar, |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | SAIFUL RAHMAN |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 06:47 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/916 |
Actions (login required)
View Item |