PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI DENGAN LIVESHOT “SEJARAH NGUSABA BUKAKAK DI DESA GIRI EMAS”

Wiriani, Kadek Indah (2021) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI DENGAN LIVESHOT “SEJARAH NGUSABA BUKAKAK DI DESA GIRI EMAS”. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
cover.pdf

Download (506kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051066-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051066-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051066-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sejarah merupakan peristiwa dan kejadian-kejadian yang terjadi dimasa lalu yang ada disetiap daerahnya termasuk di Bali, salah satunya yaitu Sejarah Tradisi Ngusaba Bukakak di Desa Giri Emas. Tradisi ini merupakan upacara yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan karena telah diberikan hasil yang melimpah. Selian itu tradisi ini bertujuan untuk memberikan rasa syukur kepada Tuhan agar selalu diberikan kesuburan pada lahan pertanian. Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan, banyak masyarakat yang belum mengetahui sejarah dari tradisi ini dan minimnya media informasi yang didapatkan baik melalui media sosial maupun masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan sebuah rancangan Pengembangan Film Animasi 2D dengan Liveshot “Sejarah Tradisi Kebudayaan Ngusaba Bukakak di Desa Giri Emas” yang dibuat untuk memberikan informasi berupa gambaran visualisasi yang lebih menarik untuk di tonton. Pengembangan film animasi 2D ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki 6 tahapan yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material Collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 instrumen pengujian yaitu uji ahli isi, uji ahli media dan uji respon pengguna. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media film animasi 2D. Hasil dari pengujian diantaranya yaitu Uji ahli isi dengan hasil 84% dengan kriteria Sangat Baik, uji ahli media mendapatkan hasil 93% dengan kriteria Sangat Baik, dan uji respon pengguna dengan hasil 87% dengan kriteria Baik. Kata Kunci : sejarah, tradisi, kebudayaan, film animasi 2D, liveshot, MDLC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sejarah, tradisi, kebudayaan, film animasi 2D, liveshot, MDLC
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: KADEK INDAH WIRIANI
Date Deposited: 22 Oct 2021 08:11
Last Modified: 22 Oct 2021 08:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9247

Actions (login required)

View Item View Item