PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN MAKE A MATCH TERHADAP KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SUKASADA

I WAYAN ANDITA MAY UTAMA, WAYAN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN MAKE A MATCH TERHADAP KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1411031421-Cover.pdf

Download (223kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1411031421-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411031421-Bab-1-PENDAHULUAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411031421-BAB-2-KAJIAN-TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1411031421-Bab-3-METODOLOGI-PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411031421-Bab-4-HASIL-DAN-PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1411031421-Bab-5-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411031421-DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1411031421-Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh maupun yang signifikan model pembelajaran POGIL (process oriented guided inquiry learning) berbantuan make a match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian yang berupa eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Non equivalent Posttert-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah kelas V semester II di Gugus VI Kecamatanj Sukasada yang berjumlah 172 orang. Dari tujuh kelas yang ada di gugus VI Kecamatan Sukasada yang menjadi sampel (yang diberikan treatment) penelitian adalah SD N 3 Panji Anom sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 26 orang dan SD N 4 Panji Anom yang dijadikan kelompok kontrol yang berjumlah 27 orang. Data skor hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda yang berjumlah 30 Soal terdiri dari C2-C5. Hasil Penelitian tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil Uji statistik deskriptif adalah menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen 25,86 dalam kategori sangat tinggi, sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 21,24 dengan kategori hasil tinggi. Hasil analisis statistik inferensial dengan teknik uji-t, diperoleh thitung = 5,86 dan ttabel = 2,01 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran POGIL (process oriented guided inquiry learning) berbantuan make a match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di gugus VI Kecamatan Sukasada. Disebabkan oleh itu, disarankan pada penelitian lain yang ingin melaksanakan penelitian sejenis hendaknya memerhatikan kelebihan dan kekurangan penelitian ini, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian yang akan dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, POGIL, make a match.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Wayan Andita May Utama
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:27
Last Modified: 22 Oct 2021 05:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9276

Actions (login required)

View Item View Item