PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SEMBIRING, WIDYA SARTIKA (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP LAB UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. (Unpublished)

[img] Text (COVER)
1711021029-COVER.pdf

Download (448kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021029-ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021029-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar E-modul serta mendeskripsikan kualitas pengembangan bahan ajar E-modul untuk pembelajaran IPA kelas VIII. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli desain pembelajran, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 orang untuk uji coba kelompok kecil. Pengumpulan data digunakan dengan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah teknik analis deskriptif kuantitatif, dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) proses pengembangan bahan ajar E-modul pada mata pelajaran IPA kelas VIII dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implemetation), tahap evaluasi (evaluation). (2) Bahan ajar E-modul pada mata pelajaran IPA kelas VIII dinyatakan valid berdasarkan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (100%) , (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (98,2%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95,8%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (91%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (93,5%). Secara umum keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar E-modul layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Saran, dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah atupun dirumah agar siswa memanfaatkan bahan ajar E-modul yang sudah dikembangkan karena E-modul sangat mendukung proses belajar mandiri bagi siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-modul, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: WIDYA SARTIKA SEMBIRING
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:09
Last Modified: 22 Oct 2021 04:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9302

Actions (login required)

View Item View Item