Aplikasi Merakit Komputer Berbasis Augmented Reality

Suryawan, I Gusti Kadek Ngurah Ari (2021) Aplikasi Merakit Komputer Berbasis Augmented Reality. Diploma thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1805021031-COVER.pdf

Download (485kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1805021031-ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1805021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1805021031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1805021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1805021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1805021031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1805021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1805021031-LAMPIRAN.pdf

Download (279kB)

Abstract

Banyak masyarakat yang tidak mengerti cara merakit komputer ataupun komponen-komponen yang berada di dalam komputer, dikarenakan kebanyakan masyarakat membeli komputer yang sudah jadi, dan tentu hal tersebut memiliki biaya yang mahal daripada merakit komputer sendiri. Selain harga mahal, apabila masyarakat mengerti cara merakit komputer beserta komponen yang ada di dalamnya, maka kedepannya masyarakat akan mudah membongkar dan memasang sendiri komputer tersebut jika terjadi masalah pada komputer. Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang pesat saat ini, salah satunya ditemukannya teknologi AR (Augmented Reality). AR memungkinkan untuk menampilkan objek 3D melalui kamera smartphone. Penelitian ini bertujuan sebagai media untuk memperkenalkan komponen komputer beserta cara merakit komputer tersebut. Aplikasi ini dirancang untuk mengedukasi atau memberi informasi kepada masyarakat entah itu anak-anak,remaja hingga dewasa. Aplikasi ini dapat di instal pada smartphone android, dengan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle). Aplikasi ini juga diharapkan dapat membantu penggunanya untuk memahami cara merakit komputer beserta mengetahui apa-apa saja komponen dari komputer tersebut, dikarenakan si pengguna akan mengetahui cara merakit dan memunculkan kompnen komputer secara langsung karena berbasis AR. Harapan akhir yang di inginkan dari penelitian ini berupa aplikasi merakit komputer berbasis AR dengan kartu sebagai image target, yang dimana kartu tersebut berfungsi sebagai target untuk memunculkan objek 3D sesuai dengan jenis pada kartu tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: AR, Edukasi, Komponen komputer, SDLC (System Development Life Cycle)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Manajemen Informatika (D3)
Depositing User: I Gusti Kadek Ngurah Ari Suryawan
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:28
Last Modified: 25 Oct 2021 05:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9347

Actions (login required)

View Item View Item