Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Chasis Siswa Kelas XI TBSM di SMK Negeri 3 Singaraja

Pradana, Putu Surya (2020) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Chasis Siswa Kelas XI TBSM di SMK Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515071022-COVER.pdf

Download (466kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515071022-ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515071022-BAB 5 PENUTUP.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515071022-LAMPIRAN.docx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Singaraja antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media berbasis macromedia flash dengan kelompok siswa yang menggunakan media powerpoint. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM di SMK Negeri 3 Singaraja. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI TBSM 1 dan siswa kelas XI TBSM 2, yang ditentukan dengan teknik total sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 orang siswa. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar chasis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar chasis antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan macromedia flash dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint. Rata-rata skor hasil belajar chasis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran macromedia flash adalah 26,00 sedangkan menggunakan media powerpint 18,71. Berdasarkan hal tersebut dapat dijelaskan bahwa media pembelajaran macromedia flash berpengaruh terhadap hasil belajar chasis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: macromedia flash, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Putu Surya Pradana
Date Deposited: 20 Jan 2020 05:55
Last Modified: 20 Jan 2020 05:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item