EXPLORING ANXIETY IN LEARNING ENGLISH DURING THE EMERGENCY REMOTE TEACHING IN ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL IN NEGARA

HANAFIE, MUHAMMAD ICHSAN (2022) EXPLORING ANXIETY IN LEARNING ENGLISH DURING THE EMERGENCY REMOTE TEACHING IN ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL IN NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021125-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021125-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021125-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021125-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021125-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021125-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021125-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021125-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021125-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dan guru SMA Islam dan bagaimana mereka mengurangi kecemasan mereka dalam belajar bahasa Inggris selama pengajaran jarak jauh darurat. Peneliti menerapkan metode campuran dengan desain eksplanatori yang menggabungkan kuesioner dan pedoman wawancara sebagai pengumpulan data. Peneliti memvalidasi kuesioner dan pedoman wawancara dengan tiga metode: validitas isi, validitas empiris, dan reliabilitas. Dalam menganalisis secara kuantitatif, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan dalam menganalisis secara kualitatif, peneliti menggunakan analisis data model interaktif. Partisipan dari penelitian ini adalah 126 siswa dan empat guru bahasa Inggris di MAN 1 Jembrana. Hasil angket menunjukkan bahwa skor rata-rata kecemasan siswa sedang (3,25), menunjukkan bahwa siswa masih khawatir tentang konteks pengajaran jarak jauh darurat meskipun mereka menghadiri kelas. Selanjutnya, hasil wawancara panduan menunjukkan bahwa siswa merasakan kecemasan ringan dalam belajar bahasa Inggris. Sementara itu, rata-rata skor kecemasan keempat guru bahasa Inggris berada pada skor kategori rendah (1,8) artinya guru bahasa Inggris merasa enjoy, santai, dan percaya diri dalam mengajar bahasa Inggris selama emergency remote teaching. Siswa dan guru memiliki cara masing-masing dalam menghadapi kecemasan yang mereka alami. Melalui penelitian ini, siswa diharapkan memperoleh informasi tambahan tentang bagaimana memecahkan masalah pendidikan mereka. Guru bahasa Inggris diharapkan dapat memperoleh informasi tentang sudut pandang guru dan siswa tentang kecemasan dalam belajar bahasa Inggris sehingga dapat merancang pelajaran yang lebih sesuai dengan keinginan siswa dan guru. Kata Kunci: Kecemasan; Bahasa Inggris; Pengajaran Jarak Jauh Darurat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Bahasa Inggris, Pengajaran Jarak Jauh Darurat
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Muhammad Ichsan Hanafie
Date Deposited: 09 Feb 2022 05:24
Last Modified: 09 Feb 2022 05:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9437

Actions (login required)

View Item View Item