THE IMPLEMENTATION OF SONGS IN TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS AT SD N 2 TEMBOK IN ONLINE LEARNING CONTEXT

Putri, Made Willynda (2022) THE IMPLEMENTATION OF SONGS IN TEACHING ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS AT SD N 2 TEMBOK IN ONLINE LEARNING CONTEXT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021239-COVER.pdf

Download (981kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021239-ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021239-BAB 1 PENDAHULUAN..pdf

Download (402kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021239-BAB 2 KAJIAN TEORI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021239-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021239- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021239-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021239-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021239-LAMPIRAN..pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi lagu dalam pengajaran kompetensi berbicara serta permasalahan yang dihadapi guru selama implementasi di SD N 2 Tembok Kabupaten Buleleng. Peneliti mengumpulkan data secara kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu wawancara dan observasi. Peneliti menggunakan dua instrumen yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi. Dalam penelitian ini, data diambil dari bagian observasi dan wawancara terhadap guru. Kemudian, data dianalisis melalui 3 proses yang dikemukakan oleh Dull & Reinhardt (2014), yaitu: 1) Data Reduction dimana data yang dikumpulkan dari observasi dan wawancara diringkas dan diberi label untuk setiap kategori yang diperlukan untuk mengidentifikasi. 2) Data Display dimana prosedur ini dilakukan setelah data yang terkumpul diberi label. Pada langkah ini, data berlabel dijelaskan dalam sebuah teks. 3) Kemudian, langkah terakhir dari analisis data kualitatif oleh Dull & Reinhardt (2014), adalah penarikan kesimpulan. Setelah melalui reduksi data dan display data, data yang terkumpul dideskripsikan dan ditarik kesimpulan untuk pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan observasi selama 5 kali ini dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya guru mengimplementasikan lagu sebagai media dalam pembelajaran untuk mengajar speaking pada tiga kegiatan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan sementara dan kegiatan penutup dengan memberikan link video youtube yang berisikan lagu ,gambar dan juga lirik untuk siswa kemudian guru meminta siswa mengucapkan kembali kata yang ada pada video seperti part of body, animal, name of month and greetings. Masalah yang paling banyak terjadi di kelas dalam mengajar berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan lagu sebagai media pembelajaran ini adalah koneksi internet yang menjadi masalah utama karena dilakukan untuk kelas online akibat pandemi covid-19 dan juga masih banyak siswa yang kurang serius dalam belajar bahkan partisipasinya rendah dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, melakukan perekaman suara dengan video diperlukan untuk siswa dalam memastikan bahwa siswa dapat menyebutkan kembali atau berbicara kembali mengenai bagian-bagian yang ada pada lagu tersebut sesuai materi dalam setiap pertemuan dan juga untuk mengetahui pengucapan dan grammar saat siswa berbicara dan bernyanyi kembali. Kata kunci: Berbicara, Lagu, Youtube

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Lagu, Youtube.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Made Willynda Putri
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:45
Last Modified: 08 Feb 2022 03:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9580

Actions (login required)

View Item View Item