PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 DI MI AT-TAUFIQ SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Fuadatus Sholihah, Akhris (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 DI MI AT-TAUFIQ SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1411021016-COVER.pdf

Download (699kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1411021016-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1411021016-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1411021016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1411021016-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses rancang bangun media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran tematik, (2) mengetahui hasil validasi media puzzle menurut review ahi, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan, dan (3) mengetahui efektivitas media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). subjek dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas II di MI At-Taufiq Singaraja. Dalam pengembangan media puzzle berbasis make a match ini validitas media berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran 92%, ahli desain pembelajaran 81%, ahli media pembelajaran 92%, uji perorangan 91%, uji kelompok kecil 96%, dan uji coba lapangan 96%. Hasil uji efektivitas yang di analisis dengan teknik statistik inferensial (uji-t) mendapatkan hasil rata-rata pretest (58,2) < hasil rata-rata posttes (86). Setelah dilakukan perhitungan secara manual dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 11,59 untuk db = 25 dan taraf signifikan 5% ttabel = 2.011 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media puzzle berbasis make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan bahasa Indonesia kelas 2 di MI At-taufiq singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Model Pengembangan, Make a Match
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhris Fuadatus Sholihah
Date Deposited: 20 Feb 2020 23:52
Last Modified: 20 Feb 2020 23:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item