PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ARITMATIKA SOSIAL

Rahayu, Ni Wayan Gita Widya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ARITMATIKA SOSIAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1713011044-COVER.pdf

Download (597kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011044-ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011044-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media e-komik matematika berorientasi problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep aritmatika sosial; (2) mengetahui karakteristik media e-komik matematika berorientasi problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep aritmatika sosial; dan (3) menginventaris karakteristik media tersebut yang secara empirik telah diuji valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan e-komik ini menerapkan sebagian langkah- langkah dari model four-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Validitas media pembelajaran diperoleh berdasarkan angket media pembelajaran serta angket materi dan pembelajaran, yang dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan pembelajaran yang dilakukan oleh dosen di Jurusan Matematika Undiksha dan guru di SMP Negeri 4 Denpasar, serta 2 orang ahli media dilakukan oleh dosen di Jurusan Teknik Informatika Undiksha dan seorang ilustrator dan desainer grafis. Kepraktisan diperoleh berdasarkan analisis angket respon siswa dan guru, serta keefektifan diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa yang didapat melalui tes yang diberikan setelah siswa mencoba media yang dikembangkan. Uji coba terbatas dilakukan kepada 37 siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Denpasar. Hasil uji coba validitas memperoleh skor 4,57 dengan kriteria valid, rata-rata hasil uji coba kepraktisan memperoleh skor 4,38 dengan kriteria layak, serta memenuhi kriteria efektif karena ketuntasan klasikal siswa mencapai 78,38% dan lebih dari ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 75%. Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran e-komik memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang baik. Kata kunci: media belajar, e-komik, problem based learning, aritmatika sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media belajar, e-komik, problem based learning, aritmatika sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: Ni Wayan Gita Widya Rahayu
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:43
Last Modified: 16 Feb 2022 07:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9826

Actions (login required)

View Item View Item