ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN DAN PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA DI PONDOK PESANTREN THOHIR YASIN LENDANG NANGKA LOMBOK TIMUR

MUKTAR, LALU (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN DAN PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA DI PONDOK PESANTREN THOHIR YASIN LENDANG NANGKA LOMBOK TIMUR. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1639011008-COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1639011008-ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1639011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1639011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1639011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1639011008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1639011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1639011008-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pelaksanaan pendidikan bermaksud untuk memenuhi tujuan dan tuntutan hidup manusia. Di lembaga pendidikan tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas dan terampil, akan tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah berkarakter manusia yang baik sehingga melahirkan generasi bangsa yang berkarakter serta berlandaskan nilai-nilai luhur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan dalam pembentukan karakter pada lembaga formal dan nonformal di pondok pesantren Thohir Yasin Lendang Nangka Lombok Timur. Kajian teori yang digunakan adalah kajian pustaka berdasarkan beberapa hasil penelitian dan teori pendukungnya adalah teori naturalistik, teori behavioristik, teori sosiologi pendidikan, teori struktural fungsional, dan teori manajemen dan pendidikan humanistik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan diantaranya observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh pada pelaksanaan pendidikan dalam membentuk dan mengembangkan karakter Bangsa adalah (1) karakter dapat diperoleh melalui lembaga formal dari tiga kegiatan yaitu kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. (2) pembentukan dan pengembangan karakter di lembaga nonformal dilaksanakan melalui pembiasaan-pembiasaan yang berlandaskan pada ajaran agama Islam dan terkonsepkan pada pembelajaran salafiyah (mengajarkan syariat islam berdasarkan ulama-ulama terdahulu) serta disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. (3) karakter santri-santriwati mampu diimplementasikan di dalam dan di luar lingkungan pondok pesantren berupa tata cara dan tata karma. (4) karakter peserta didik mampu memberikan contoh kepada peserta didik di dalam lingkungan dan di masyarakat berdasarkan aturan-aturan yang diterapkan di pondok pesantren. Kesimpulan; pelaksanaan pendidikan dalam pembentukan dan pengembangan karakter Bangsa di pondok pesantren Thohir Yasin, selalu berupaya dengan maksimal dalam pembentukan nilai-nilai karakter sesuai tujuan kebutuhan masyarakat dan Bangsa yang berlandaskan pada aturan-aturan dan budaya. Implikasi peneliti ini terhadap pribadi anak, keluarga, masyarakat, pemerintah, dan pengembangan moral manusia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pembentukan, Pengembangan, dan Karakter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: DRS. H. LALU MUKTAR, M.PD
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:16
Last Modified: 16 Feb 2022 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9828

Actions (login required)

View Item View Item